BERITA

Bahaya Gadget Bagi Kesehatan Si Kecil

Kemajuan teknologi yang semakin canggih membuat beberapa gadget, ponsel pintar atau tablet terus berkembang. Namun, bagi orang tua yang sudah memperkenalkan gadget pada anak, harus mewaspadainya, khususnya terkait masalah kesehatan si kecil.

Berikut beberapa dampak negatif dari penggunaan gadget :

promo detail

1. Bahaya Radiasi
penggunaan gadget pada balita harus dibatasi. Karena syaraf yang masih berkembang dikhawatirkan akan lebih mudah terserang radiasi yang terpapar dari gadget.

2. Gangguan Tidur
Kualitas tidur anak bisa berkurang jika sebelum waktunya tidur ia main gadget. Penyebabnya, cahaya yang dipancarkan layar gadgetberpotensi membuat mata anak sulit terpejam. Sebaiknya jadwalkan waktu bermain si kecil jauh sebelum jam tidur.

3. Penurunan perkembangan otak
Pada lima tahun pertama hidupnya, otak anak berkembang sangat pesat. Studi menunjukkan bahwa terlalu banyak gadget akan memengaruhi fungsi otak dan menyebabkan anak menjadi kurang perhatian terhadap lingkungan sekitar.

4. Merusak penglihatan
Kontak yang terlalu lama di layar dapat merusak mata. Para ahli mengatakan, penglihatan yang baik diperoleh jika menatap benda dari jarak yang bervariasi. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang kecanduan bermain game komputer lebih mungkin mengalami gangguan pada mata mereka.

Bayangkan apa yang terjadi pada pertumbuhan dan perkembangan anak bila kita sebagai orangtua tidak bijak dan kontrol penggunaan gadget pada anak?
Sebaiknya ada aturan-aturan yang dapat dijadikan panduan sehingga anak-anak tidak terjerumus dan jatuh ke dalam kondisi yang tidak Anda inginkan.

up next images
SELANJUTNYA

Mengenal Jenis Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan yang terjadi pada hati. Hepatitis yang tidak ditangani dengan cepat dan baik, akan berkembang menjadi sirosis dan kanker hati. Banyak hal yang bisa menyebabkan hepatitis, yaitu virus, perilaku seksual, dan mengonsumsi alkohol serta obat-obatan.

LIHAT DETAIL