PELAYANAN UNGGULAN

Klinik Gigi & Mulut

Senyum yang disertai gigi putih dan bau nafas yang segar merupakan simbol terjaganya kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut, Kesehatan gigi dan mulut adalah parameter kesehatan tubuh secara umum.

pelayanan


spesialis
spesialis
spesialis
spesialis
spesialis
spesialis
spesialis
spesialis
spesialis

Dental X-Ray

  • Rontgen gigi atau Dental radiograf atau Dental X-ray merupakan gambaran dari gigi, tulang, dan jaringan lunak disekitarnya dalam bentuk film negatif (hitam-putih) yang dapat membantu mendeteksi masalah pada gigi, mulut, dan rahang.Gambar yang dihasilkan oleh dental X-rayyang dapat menunjukkan kavitas/lubang pada gigi, struktur gigi yang tak terlihat (seperti gigi geraham bungsu),dan penurunan tulang rahang yang tidak dapat terlihat pada pemeriksaan gigi rutin secara visual biasa.

 

Spesialis Bedah Mulut

  • Bidang spesialis kedokteran gigi  RS Ananda menangani perawatan kelainan di rongga mulut seperti gigi bungsu yang terpendam atau tumbuh miring, implan gigi, kecelakaan yang menyebabkan patah tulang rahang, kelainan celah bibir dan celah langit-langit serta tumor di rongga mulut.
  •  

    Pasien mungkin perlu mengunjungi ahli bedah mulut jika:

  • Telah dirujuk oleh dokter umum dan spesialis lainnya.  Pasien yang menderita cacat maksilofasial (leher, rahang, wajah)  akan diberi rujukan oleh dokter umum atau dokter gigi umum kepada ahli bedah maksilofasial oral.
  • Didiagnosa ada tumor di bagian maksilofasial. Ahli bedah mulut dan maksilofasial dapat melakukan tindakan bedah untuk memotong tumor. Jika ada sel kanker yang tersisa, pasien kemudian melanjutkan untuk rencana perawatan lain seperti kemoterapi dan radioterapi.
  • Kebutuhan untuk menciptakan penopang yang tepat untuk mulut. Sangat penting bagi orang untuk memiliki gigitan yang baik. Namun penyakit yang memengaruhi mulut, dapat merusak itu. Untuk memperbaikinya, bedah mulut mungkin harus dilakukan untuk memasang perangkat seperti implan. Selanjutnya, untuk mendukung struktur mulut secara keseluruhan, pencangkokan tulang juga bisa dilakukan. Jenis tulang yang digunakan dan kerumitan operasi tergantung pada seberapa banyak tulang yang rusak atau telah hilang.

Tindakan Preventif Kesehatan Gigi & Mulut

  •  Klinik Gigi & Mulut RS Ananda menyediakan program tindakan preventif untuk mencegah gigi berlubang dam infeksi rongga mulut, seperti: kontrol plak, aplikasi fluoride topikal, dan pit-fissure sealant. Kontrol plak adalah tindakan menyeluruh guna mencegah akumulasi plak dan karang gigi (kalkulus) dalam rangka menghindari terjadinya gigi berlubang (karies) dan infeksi jaringan penyokong gigi (periodontitis). Aplikasi topikal fluoride adalah pengolesan gel fluoride pada permukaan gigi agar fluoride dapat meresap ke dalam email dan membuat gigi lebih tahan terhadap proses penguraian oleh bakteri. Pit-fissure sealant adalah tindakan menutup ceruk ceruk yang ada pada permukaan gigi guna mencegah terakumulasinya plak sehingga risiko terjadinya karies dapat dihilangkan.

Perawatan Restorasi Gigi

  • Restorasi gigi (penambalan gigi) diperlukan untuk merawat gigi berlubang agar dapat berfungsi kembali dengan baik. Kami melayani perawatan restorasi gigi dengan berbagai macam bahan restorasi yang lengkap dan bermutu sesuai dengan kebutuhan pasien.Diantara bahan tambal yang menjadi andalan kami adalah Cention N dan Ever X. Cention N adalah tambalan sewarna gigi yang memiliki beberapa keunggulan seperti: warna yang estetik, lebih kuat dan tahan lama, mengandung fluoride sehingga memicu mineralisasi gigi, bisa digunakan baik untuk gigi dewasa maupun gigi susu, serta proses penambalan yang relatif mudah dan singkat.Sedangkan Ever X adalah bahan tambal yang juga memiliki beberapa keunggulan, seperti: baik untuk lubang gigi yang berukuran besar dan dalam, kuat dan tidak mudah pecah, lebih tahan lama, dan proses penambalan yang relatif singkat.

Perawatan Saluran Akar Gigi (Perawatan Endodontik)

  • Perawatan saluran akar (endodontik) dibutuhkan untuk kasus gigi berlubang yang dalam sehingga telah menembus pulpa (rongga saraf & pembuluh darah di dalam gigi) dan umumnya disertai nyeri yang mengganggu. Kami melayani perawatan saluran akar dengan metode LSTR (Lesion Sterilization & Tissue Repair). Metode ini memiliki beberapa keunggulan, yakni jumlah kunjungan yang lebih singkat yakni hanya 2 kunjungan, waktu pengerjaan yang lebih cepat, dan tingkat keberhasilan yang baik.

Pencabutan Gigi & Odontektomi

  • Dalam kondisi-kondisi tertentu, gigi tidak dapat dipertahankan sehingga harus dicabut. Kami melayani pencabutan gigi (ekstraksi gigi) dan odontektomi, yakni pengangkatan gigi graham bungsu impaksi. Gigi impaksi adalah gigi yang tumbuh tidak sempurna dan terbenam sebagian atau seluruhnya di dalam gusi sehingga menimbulkan masalah seperti nyeri dan sering bengkak.

Pemasangan Gigi Tiruan (Perawatan Prostodontik)

  • Gigi tiruan dibuat dan dipasang untuk menggantikan gigi geligi yang sudah hilang, rusak, ataupun mengalami kelainan anatomi. Klinik Gigi & Mulut RS Ananda melayani pembuatan dan pemasangan berbagai tipe gigi tiruan, yakni gigi tiruan lepasan dan cekat. Gigi tiruan lepasan adalah gigi tiruan yang dapat dilepas pasang dan terbuat dari akrilik atau material logam. Gigi tiruan cekat adalah gigi tiruan yang direkatkan permanen dengan bahan semen khusus gigi dan terbuat dari material logam atau poselen (keramik).

Perawatan Gigi Anak (Perawatan Pedodontik)

  • Usia anak-anak adalah usia dimana gigi geligi rentan mengalami kelainan akibat pola makan yang kurang baik dan ketidakmampuan memelihara kebersihan gigi secara optimal. Kerusakan struktur gigi pada usia anak dapat mengganggu asupan nutrisi dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi anak sehingga berimplikasi serius pada terganggunya aktivitas dan proses tumbuh kembang anak. Klinik Gigi & Mulut RS Ananda melayani berbagai perawatan gigi anak seperti penambalan gigi karies, perawatan saluran akar gigi anak, pencabutan gigi susu, serta tindakan preventif untuk memelihara kesehatan gigi anak.

Pemasangan Behel (Perawatan Ortodontik)

  • Pemasangan behel (perawatan ortondontik) dilakukan untuk mengoreksi kelainan posisi gigi geligi sehingga turut memperbaiki fungsi dan estetika. Kami melayani perawatan ortodontik yang dilakukan oleh dokter gigi yang berpengalaman.